Hosting

Mengenal Lebih Jauh Layanan Cloud Hosting

cloud ketik

Beberapa pengembang website, pasti mengenal apa itu cloud hosting. Menggunakan cloud hosting, sama seperti mengurangi beban bagi seorang pengembang situs jatingan. Banyak yang mengira bahwa berbagi hosting saja cukup untuk menuju ke sumber seperti virtual private server atau VPS. Namun nyatanya dengan berbagi hosting saja tidak cukup.

Walaupun memang pada dasarnya, berbagi hosting memiliki banyak sekali keuntungan bagi penggunanya. Namun tetap saja ada kekurangan yang membatasi ruang gerak bagi pengembang situs jaringan. Dan selain harus berbagi sumber server, shared hosting juga memiliki kekurangan yaitu kapasitasnya yang tidak cukup besar dan terbatas. Menggunakan hosting yang berbagi dengan pengguna lain memang bermanfaat apabila website atau situs jaringan yang dimiliki masih dalam skala yang cukup kecil sampai skala yang menengah, namun, ketika situs jaringan sudah mulai berkembang, pengunjung yang semakin banyak dan lau lintas di situs sudah mulai padat dan menjadi besar, hosting akan membuat performa situs jatingan anda berjalan tidak seoptimal pada saat awal situs diluncurkan, apalagi bila sudah terlalu banyak jaringan yang berbagi di dalam satu akun server hosting yang dipakai, penyebabnya adalah, semakin banyak jaringan yang berbagi di dalam server hosting, maka server/resource yang dibutuhkan juga seharusnya lebih besar. 

Beralih untuk pindah ke virtual private server atau yang dikenal dengan VPS, biasanya akan ditawarkan oleh penyedia layanan hosting, namun kadang menggunakan virtual private server bukan solusi yang terbaik, karena untuk mengelola virtual private server, bukan hal yang mudah untuk pengelola website atau situs jaringan, biasanya virtual private server digunakan oleh pengelola situs jaringan yang memiliki keahlian khusus atau yang sudah memiliki level expert dalam memainkan website. Namun ada solusinya, alternatif lain yang bisa digunakan oleh pengelola situs jaringan yaitu cloud hosting mungkin bagi orang awam banyak yang tidak mengenal cloud hosting dan cara kerja yang ditawarkan oleh layanan cloud hosting. 

Cloud hosting merupakan salah satu layanan yang ditawarkan oleh hosting dengan menawarkan beberapa server tidak hanya satu server saja seperti yang ditawarkan oleh hosting yang bisa diakses melalui berbagai server. Cloud hosting menggunakan tidak hanya satu server untuk menyeimbangkan laut dan fungsinya dapat memaksimalkan jam kerja server server atau up time.

Penggunaan cloud hosting dapat dilakukan untuk situs jaringan yang membutuhkan penggabungan dari beberapa server agar Website tersebut dapat berjalan seperti hanya menggunakan satu server saja, Dan tentu saja fungsi lain dari cloud hosting adalah menjaga Performa situs jaringan agar terus stabil dan mudah di akses oleh penggunanya. Server yang digunakan oleh cloud hosting tidak menggunakan satu server saja sehingga teknologi ini banyak dikenal dengan server cluster atau dengan kata lain menggambungkan dari beberapa sumber server secara terpusat sehingga survey akan meluas. Apabila server semakin banyak yang bergabung di dalam satu cluster cloud hosting, maka resource yang ditambahkan akan semakin besar dari sebelumnya. 

Banyaknya server yang digunakan oleh cloud hosting memungkinkan bila suatu hari terjadi masalah pada satu server maka website akan berjalan seperti biasanya. Ketika satu server bermasalah pada server cloud hosting maka server lain di cluster ini akan menjaga agar situs jaringan tetap berjalan seperti biasanya sehingga performanya akan tetap stabil namun akan ada tingkat kecenderungan jam kerja survey menjadi sangat tinggi atau cenderung tinggi dikarenakan server satu dengan yang lainnya di dalam satu cluster saling backup satu sama lain.

Fungsi lain dari menggunakan layanan cloud hosting di dalam hosting yaitu sumber server yang digunakan oleh cloud hosting tidak dipengaruhi dan dibagi dengan pengguna lain karena resource yang digunakan sudah didedikasikan oleh pemilik situs jaringan sehingga tidak berbagi dengan pemilik situs jaringan yang lainnya. Banyak pengguna cloud hosting yang mengatakan bahwa layanan cloud hosting sama saja dengan menggunakan layanan virtual private Server karena proses yang dikerjakan oleh cloud hosting sama kualitas dan resourcenya seperti menggunakan virtual private server, fokus yang digunakan pada layanan cloud hosting adalah jam kerja fleksibilitas dan kemudahan proses scalling, serta beberapa server pribadi yang dapat digunakan oleh pemilik server jaringan atau website. 

Sistem kerja yang dilakukan oleh layanan cloud hosting adalah seperti bergotong-royong dan saling membantu. Server yang ada di dalam hosting layanan cloud hosting saling membantu dalam menjalankan sebuah situs jaringan, apabila di salah satu server terjadi masalah maka server lain yang ada di dalam cloud hosting yang masih berjalan aktif akan menggantikan server lain yang sedang memiliki masalah untuk melayani pengunjung situs jaringan yang sedang mengakses atau yang sedang mencari sesuatu di dalam situs jaringan. Hal yang sama akan terjadi ketika salah satu server yang ada di dalam layanan cloud hosting mengalami over load maka server lain yang sedang berjalan dengan stabil akan membantu server lain yang sedang mengalami kelebihan beban dari permintaan pengunjung situs jaringan.

Manfaat lain dalam menggunakan cloud hosting karena sistem kerjanya seperti gotong royong atau seperti distribusi, maka masalah pada Performa situs jaringan bisa di atasi dengan baik karena di dalam satu kelas there antara satu server dengan server yang lainnya akan membantu satu sama lain, sehingga akan tetap meningkat kan jam kerja pada situs jaringan dan situs jaringan akan tetap melayani permintaan dari pengunjung dengan waktu yang sama ketika server yang lain tetap berjalan dengan stabil, hal ini tentunya sangat berbeda dengan hosting yang biasa saja tanpa layanan cloud hosting dan bekerja secara individu bahkan antar satu sama lain saling berebut.

Tidak perlu khawatir terhadap lalu lintas yang padat dan berlebihan pada saat menggunakan layanan cloud hosting yang dapat membuat situs jaringan tidak dapat di akses dan tidak ada pengunjung, karena teknologi yang ditawarkan oleh layanan cloud hosting dengan adanya kelas there dapat memungkinkan situs jaringan untuk menampung lalulintas yang cukup masif di dalam situs jaringan, sehingga Survey yang dapat diakses oleh banyak nya pengguna secara bersamaan tetap bisa stabil ketika ada salah satu server yang kelebihan beban dan akan dibagi beban yang terlalu berlebihan kepada server yang lain dengan metode back up resource. 

Ada banyak manfaat dengan menggunakan layanan ini, dengan menggunakan layanan cloud hosting tentunya pengguna atau pengembang situs jaringan dapat lebih fokus untuk mengembangkan website dan dapat lebih fokus dalam memasarkan website yang sudah dikembangkan agar lebih banyak lagi pengunjung yang datang ke website yang sudah diluncurkan tanpa perlu memikirkan masalah yang ada pada server jaringan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *